Kolaborasi antara DPD APEDI (Asosiasi Pengusaha Desa Indonesia) Jawa Timur dan PT Petrokimia Gresik benar-benar berjalan mulus. Kerja sama yang harmonis ini diwujudkan dengan menggelar kegiatan bertajuk “Sosialisasi Program Agrosolution (Makmur)”, di Balai Desa Sekaran, Kecamatan Sekaran, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur.

Ketua Dewan Pembina DPD APEDI Jatim, M. Badrin Tholchah mengungkapkan, kegiatan ini sebagai bentuk kepedulian APEDI dan Petrokimia Gresik dalam mempercepat proses pembangunan desa sejahtera dan mandiri di Desa Sekaran Lamongan.

“Berdasarkan data IDM (Indeks Desa Membangun) tahun 2021, Desa Sekaran ini adalah salah satu desa yang berstatus Desa Mandiri dari 34 Desa Mandiri di Kabupaten Lamongan,” ungkap pria yang akrab disapa Gus Badrin ini, Sabtu (2/10/2021).

Lebih jauh, Gus Badrin memaparkan, kegiatan seperti ini telah dilakukan APEDI sejak berdiri pada 12 Desember 2019. Adapun berbagai program APEDI diantaranya, Program Desa Berdaya, Program Jadoel (Jaringan desa online), Program Awsem (Antar-warung sembako murah), Program Demen (Desa mandiri energi) dan Program Dividen. Program-program tersebut telah banyak berkontribusi dalam percepatan pembangunan desa sejahtera dan mandiri.

“Sedangkan tujuan Sosialisasi Program Makmur ini untuk mewujudkan kesejahteraan petani. Caranya, dengan melakukan uji tanah dan menyosialisasikan pemupukan secara berimbang, sehingga dapat meningkatkan hasil pertanian di Desa Sekaran Lamongat ini,” papar Dedengkot APEDI yang rajin turun ke masyarakat ini.

Gus Badrin menambahkan, selain pertanian, APEDI berharap pengolahan potensi Desa Sekaran, baik wisatanya maupun potensi lainnya bisa dioptimalkan dengan program Desa,Berdaya APEDI. Dalam program ini, APEDI telah bekerja sama dengan ASITA, LION, Kemenparekraf RI, dan sejumlah pihak lainnya.

Di tempat yang sama, Ketua DPC APEDI Kabupaten Lamongan, Basuki Rahmat menyampaikan, Lamongan adalah daerah pertanian, maka untuk mewujudkan kesejahteran masyarakat Lamongan, pertanian harus diperhatikan. Karenannya, selain di Desa Sekaran, APEDI bersama Petrokimia Gresik juga telah melakukan kegiatan “Sosialisasi Program Makmur” di Desa Deketagung, Kecamatan Sugio, Kabupaten Lamongan beberapa waktu lalu.

“APEDI dengan program DESA BERDAYA akan berusaha mempercepat proses pembangunan desa sejahtera dan mandiri di Kabupaten Lamongan, dan kami memulainya di Desa Deketagung, Kecamatan Sugio dan Desa Sekaran ini,” ucap Basuki Rahmat yang juga Direktur Bumdes Sekar Sejahtera Desa Sekaran.

Dalam kesempatan yang sama, Kades Sekaran Isman mengapresiasi kepedulian APEDI dan Petrokimia Gresik ddalam gelaran tersebut. Ia berharap, dengan acara ini dapat menyelesaikan berbagi masalah pertanian, sehingga hasil pertanian Desa Sekaran bisa optimal.

“Terima kasih kepada semua pihak dalam upayanya mewujudkan kesejahteraan dan kemandirian Desa Sekaran. Semoga APEDI dan Petrokimia Gresik dapat mengajari tata cara agar hasil pertanian di Sekaran bisa optimal dengan mengatasi segala masalah pertanian, seperti hama tikus yang selama ini jadi momok pertanian,” harap Kades Isman.

Sementara itu, Fathkhurohman, selaku Tim Petrokimia Gresik menyampaikan, Program Makmur ini untuk membantu petani dari hulu sampai hilir dengan sistem Tanam Demplot dan pendampingan mulai dari Petani, Leader dan Integrator, Lembaga Keuangan, Agro Input, Pemda, Off Taker serta Asuransinya.

“Program Makmur Petrokimia ini untuk mensejahterakan petani, karena skemanya mulai tanam sampai pasca panen akan kami dampingi. Petani tinggal garap lahannya dan akan terima hasilnya, karena urusan modal tanam sampai jual hasil pertaniannya akan kami dampingi,” terang Fathkurohman.

Sedangkan Revian Tri, selaku Tim Uji Tanah Petrokimia memaparkan, hasil uji tanah sawah di Desa Sekaran menujukkan unsur hara N (Nitrogen) dan unsur (K) Kalium bagus, namun unsur P (Fospor) tinggi serta PHnya agak basah, sehingga dibutuhkan pupuk hayati agar PH tanah menjadi netral, dan dibutuhkan belerang agar unsur fosfor menjadi rendah.

“Tanah sawah di Sekaran ini fosfornya tinggi dan PHnya agak basah. Karenanya, untuk menetralkan tanahnya agar semakin subur harus diberikan pupuk hayati. Adapun pupuk hayati bisa dari Petroganic maupun kotoran sapi, kambing juga jerami yang sudah difregmentasi,” jelas Revian.

Menanggapi pemaparan tersebut, Hudi, salah satu petani yang hadir, sangat mendukung Program Makmur Petrokimia Gresik bersama APEDI Jatim. Dengan begitu peran Bumdes Sekar Sejahtera Desa Sekaran akan semakin nyata membantu berbagai masalah pertanian.

“Semoga Program Makmur Petrokimia Gresik ini dapat mensejahterakan petani di Sekaran ini, karena mulai dari tanam sampai pasca panen akan didampingi Petrokimia dan APEDI,” pungkas Hudi bersemangat